81 Orang Terluka Akibat Topan Yang Melanda Taiwan


TAIPEI - Setidaknya 81 orang mengalami luka-luka akibat topan Nesat yang melanda Taiwan sejak hari Sabtu ( 29/7)

Angin kencang menumbangkan skuter motor dan memukul orang-orang dengan kaca yang  berterbangan, kata Pusat Operasi Darurat Pusat.

Dikutip dari BangkokPost, daerah Yilan di pesisir timur laut, satu orang tertiup angin, satu lainnya tertabrak oleh benda yang digerakkan angin dan yang ketiga terluka saat truk utilitas terbalik.

menurut biro cuaca nasional, Topan Nesat mendarat di pantai timur laut Taiwan pada Sabtu malam dengan angin kencang 137 kilometer per jam dan hembusan udara hingga 173 kilometer per jam.

Topan tersebut juga meninggalkan toko-toko dan jalan-jalan di daerah pertanian Pingtung yang jauh di dalam air berlumpur setelah membuang sekitar 600 milimeter hujan.

Lebih dari 10.000 orang, sebagian besar dari selatan Taiwan, dievakuasi sebelum topan dan 1.612 masih berada di tempat penampungan pada hari Minggu pagi.


Nesat menyebabkan pembatalan 145 penerbangan internasional dan listrik mati  hampir di setengah juta rumah.

Topan tersebut melewati Taiwan dan mencapai provinsi Fujian di China tenggara pada pukul 7 pagi waktu setempat  pada hari Minggu sebagai badai tropis. .

Hampir 70.000 orang telah dievakuasi sejauh ini dan puluhan kereta dan penerbangan ditangguhkan di Fuzhou, ibukota provinsi tersebut, kata departemen sumber daya air di Fujian.

Taiwan, sementara itu, siaga lagi saat badai tropis kedua terjadi karena membuat pendaratan Minggu malam.

Taiwan, China, Jepang dan Filipina secara teratur melihat topan dari bulan Juni sampai November. Yang paling mematikan di Taiwan sejak tahun 2000 adalah Topan Morakot, yang memicu longsor yang menyebabkan sekitar 680 orang meninggal pada tahun 2009.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel